Cintai Kulit, Siang dan Malam

Semua perempuan di dunia ini pasti ingin disebut cantik. Entah oleh teman-temannya, pasangannya, anak-anaknya, atau siapapun itu. Dengan penampilan yang cantik, perempuan menjadi percaya diri dan bahkan diakui atau tidak, perempuan cantik cenderung diperlakukan lebih “istimewa” dibanding  yang biasa saja.

Tapi kan, cantik itu relatif?

Memang benar, kriteria cantik bagi setiap orang itu berbeda. Jangankan bagi pria, perempuan sendiri memiliki standar kecantikannya sendiri-sendiri. Bahkan di dunia saja, standar kecantikan wanita berbeda-beda, mulai dari yang normal hingga yang agak “tidak biasa”. Beberapa standar kecantikan wanita di dunia yang “tidak biasa” diantaranya :

♥ Suku Kayan, Thailand
Mungkin tidak banyak yang tahu mengenai suku Kayan. Tapi kalau melihat fotonya, pasti langsung familiar dengan para wanita ini. Mereka sangat terkenal karena standar kecantikan yang tidak biasa, yakni berleher panjang dengan cincin kuningan yang melingkarinya. Semakin panjang lehernya, semakin cantik wanita tersebut dalam pandangan para lelaki di sukunya. Dan asal tahu saja, para perempuan suku Kayan ini mulai dipakaikan cincin kuningan sejak umur mereka 5 tahun!

*cantik versi suku Kayan (diambil dari sini)*

♥ Suku Dayak Kenyah, Indonesia
Salah satu suku di Indonesia, yakni suku Dayak Kenyah juga punya standar kecantikan yang tidak biasa. Para wanita ini disebut cantik jika telinganya semakin panjang. Telinga mereka dapat memanjang karena sejak usia belia mereka sudah memakai anting logam yang berat, sehingga lama-kelamaan telinga mereka semakin panjang, bahkan panjangnya dapat melebihi bahu.

 *cantik versi Dayak Kenyah (diambil dari sini)*

Cina Kuno
Jaman dulu, para pria Cina kuno menganggap wanita cantik adalah mereka yang berkaki kecil. Untuk memenuhi standar kecantikan ini, maka timbullah kebiasaan foot binding (membebat kaki) untuk menciptakan kaki yang kecil, sekitar 10-15 cm saja. Pengikatan kaki biasanya dimulai sejak anak berumur 4-7 tahun. Foot binding dilakukan dengan cara membalut kaki dengan menggunakan kain dengan ketat, melipat empat jari kaki ke bagian bawah kaki dan menarik ibu jari kaki mendekati tumit. Semakin hari ikatan ini semakin diketatkan, dan si wanita akan diapksa menggunakan sepatu yang semakin hari semakin kecil ukurannya. Kakinya harus dicuci, kukunya juga harus dipotong, karena jika tidak maka kukunya dapat menusuk ke dalam telapak kaki dan mengakibatkan infeksi. Efek sampingnya, foot binding ini membuat peredaran darah tidak lancar sehingga daging kaki bisa menjadi busuk dan mengeluarkan nanah.

*kaki hasil foot binding (dipinjam dari sini)*

♥ Suku Karo, Ethiophia Selatan
Wanita yang memiliki luka cakar adalah wanita yang cantik. Semakin banyak luka cakar, tentunya semakin cantik. Biasanya luka itu sengaja dibuat di bagian perut mereka semenjak masih masih anak-anak. Bahkan, adanya luka di bagian perut ini menandakan kedewasaan seorang wanita disana, dimana seorang wanita yang telah memiliki bekas luka boleh menikah dan memiliki anak.

*simbol kecantikan suku Karo*

Hiiy,,, ngeri ya untuk menjadi cantik

Tapi tenang, standar kecantikan yang “mengerikan” itu hanya dianut oleh masyarakat tradisional di wilayah tertentu saja. Untungnya, standar kecantikan wanita modern di dunia sekarang masih seputar kulit, wajah dan bentuk tubuh. Di Jepang misalnya, kecantikan wanita dapat diukur dari kondisi kulitnya. Wanita cantik menurut standar Jepang adalah mereka yang memiliki kulit halus dengan rambut yang lurus. Di Iran, wanita cantik adalah mereka yang memiliki hidung mancung dan mungil, sementara di Prancis langsing menjadi kriteria kunci untuk disebut cantikDi Indonesia, wanita yang cantik banyak digambarkan sebagai wanita dengan kulit putih bersih, langsing, dan bibir tipis.

Bagi saya, cantik secara fisik tidak hanya melulu soal kulit putih dan make up. Saya sendiri memiliki kulit sawo matang, dan sejujurnya saya suka dengan warna kulit saya seperti ini. Walaupun menerima diri sendiri “apa adanya” bukan berarti diterima begitu saja, melainkan harus disyukuri dan dicintai juga. Caranya bagaimana? Salah satunya dengan merawat tubuh (khususnya kulit) dengan baik.

Kebanyakan wanita ingin memiliki kulit yang lebih putih / cerah, sehingga mereka cenderung lebih memilih produk perawatan kulit dengan efek lightening (memutihkan). Bahkan kecenderungan ingin memiliki kulit yang cerah ini sudah ada sejak zaman dulu, dimana para wanita di berbagai belahan dunia masih menggunakan berbagai bahan alami untuk perawatan kulitnya, seperti wanita Mesir yang menggunakan susu dan madu untuk membuat kulit mereka cantik dan bersinar. Ada juga kopi yang digunakan oleh wanita Rusia untuk membuat kulit tampak merona dan cerah, atau buah anggur, cheri dan delima yang banyak digunakan oleh wanita Chili dan Prancis untuk mempercantik kulitnya.

Dibalik itu semua, ada hal lain yang menjadi alasan betapa pentingnya perawatan kulit, yakni untuk menyehatkan kulit sebagaimana kita menjaga kesehatan organ tubuh kita yang lain seperti jantung, lambung, dan organ vital lainnya.

Perawatan kulit yang paling lumrah dilakukan ialah menggunakan pelembap (untuk wajah) dan body lotion (untuk kulit tubuh). Penggunaan produk kecantikan ini terutama dipakai ketika siang hari dengan tujuan melindungi kulit dari sinar matahari, AC, debu, polusi, dan sebagainya. Sayangnya, perawatan kulit tubuh pada malam hari justru sering terlupakan. Padahal, perawatan kulit tubuh pada malam hari ini justru sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kenapa?

Kulit terdiri dari tiga lapisan, yakni epidermis, dermis, dan hipodermis. Epidermis merupakan lapisan kulit yang paling luar, berisi sel-sel kulit yang selalu beregenerasi (mempebarui diri). Sel kulit akan mati dalam 4-6 minggu, dan akan digantikan oleh sel-sel kulit yang baru. Dermis merupakan lapisan kulit di bawah epidermis, pada lapisan ini mengandung serat kolagen dan terdapat berabagi kelenjar, seperti kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan folikel rambut. Lapisan hipodermis berisi jaringan ikat dan sel adiposa / lemak yang berfungsi sebagai bantalan. (Campbell, 2004)

*penampang kulit (dipinjam dari sini)*

Proses regenerasi sel-sel kulit yang terjadi pada lapisan epidermis ini ternyata terjadi dua kali lebih cepat pada malam hari dibandingkan dengan siang hari, terutama pada pukul 22.00-04.00. Bahkan kondisi puncak proses pembelahan sel ternyata terjadi pada pukul 22.00, dimana sel kulit mengalami pembelahan 30 kali lebih efektif dan sempurna dibanding jam lainnya. Selain regenerasi, pada malam hari juga terjadi produksi kolagen dan penghancuran radikal bebas. Jadi pastikan kita selalu tidur sebelum pukul 22.00 supaya proses regenerasi kulit menjadi maksimal.

Pada malam hari kulit lebih aktif menyerap berbagai zat, sehingga ketika kita menggunakan produk perawatan tubuh akan didapat hasil yang lebih maksimal. Satu hal penting yang harus kita tahu juga, pada malam hari ternyata suhu permukaan kulit menjadi lebih tinggi dibandingkan suhu lingkungan sekitar. Itu berarti penguapan di permukaan kulit terjadi lebih cepat, sehingga walaupun malam hari kita tidak panas-panasan dan terkena matahari, penguapan air di kulit masih tetap terjadi. Dengan kata lain, pada malam hari pun kulit akan kehilangan kelembapan (kering), dan inilah yang menyebabkan pada malam hari terkadang kulit menjadi gatal.  Ditambah lagi kelenjar di kulit yang berfungsi melindungi kulit dari kekeringan akan menjadi kurang aktif ketika malam hari akibat suhu lingkungan yang dingin, semakin menguatkan bahwa kulit benar-benar butuh perawatan pada malam hari.

Belum lagi ditambah banyaknya aktifitas yang dilakukan seharian dari pagi hingga petang, sehingga pada sore hari kulit sudah “capek” dan menjadi kering. Hal ini bisa terjadi akibat adanya penguapan melalui kulit, yang dikenal sebagai TEWL (Trans-epidermal water loss)  yakni hilangnya air dari tubuh melalui epidermis ke lingkungan / atmosfir, baik secara difusi maupun evaporasi. Hal ini diperparah dengan suhu yang tinggi pada siang hari. Kebayang kan gimana keringnya kulit kita setelah beraktifitas seharian?

Mungkin banyak wanita yang terbiasa menggunakan krim malam untuk merawat kecantikan kulit wajahnya, tapi menggunakan body lotion untuk merawat kulit tubuh? Tidak semua orang sadar bahwa kulit tubuh juga butuh perawatan di malam hari seperti halnya kulit wajah. Begitu juga dengan saya.

Dulu waktu saya kecil dan sering nginep sama para Bibi (adiknya ibu), saya selalu heran dengan salah satu Bibi yang selalu melakukan ritual “aneh” sebelum tidur : mencuci muka, pakai penyegar, bahkan sampai pakai body lotion. Dulu saya mikirnya “ngapain sih, repot amat?” Eh, ternyata setelah baca berbagai informasi tersebut jadi tahu kalau perawatan kulit tubuh pada malam hari itu sangat penting. Dan bahkan, perempuan dengan hijab yang rata-rata kulitnya terlindungi dari sengatan sinar matahari dan udara luar di siang hari pun, tetap harus merawat kulitnya, baik siang ataupun malam. Kenapa? Ya karena proses regenerasi dan proses alami lainnya yang terjadi pada kulit akan tetap berlangsung, mau kulit kita terbuka ataupun tertutup. Tidak terlihat bukan berarti tidak terawat, kan? ;)

Sebagai perempuan yang baru mengenal dunia perawatan kulit, tentu saya tidak banyak tahu mengenai berbagai produk kecantikan, apalagi body lotion untuk perawatan kulit tubuh pada malam hari. Hingga kemarin tau-tau ada iklan Citra Night Whitening, varian terbaru dari Citra yang memang khusus untuk perawatan kulit tubuh pada malam hari. Katanya sih, mengandung ekstrak bahan alami yang biasa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, yakni ekstrak mulberry dan minyak biji anggur. Saya nggak gampang percaya dong ya, cek n ricek dulu deh, saya googling dan blogwalking tentang khasiat minyak biji anggur dan mulberry.

Dari berbagai blog dan website yang saya baca, ternyata selain rasanya yang manis, mulberry itu manfaatnya sangat banyak! Mulai dari obat radang tenggorokan, batuk, demam dan sebagai bahan kosmetik. Di dalamnya juga terjandung banyak vitamin A, potasium, juga kaya antioksidan. Nah, antioksidan inilah yang dapat menangkal radikal bebas dan menghambat proses penuaan, sehingga sangat efektif untuk mencegah timbulnya keriput. Kandungan di dalam mulberry juga dapat menghambat pembentukan melanin (pigmen warna pada kulit), sehingga banyak dijadikan bahan pencerah kulit (pencerah ya, bukan “pemutih”) dan dipakai juga untuk mengatasi noda hitam di wajah.  Karena berbagai manfaat tersebut, mulberry banyak dimanfaatkan baik secara langsung dikonsumsi sebagai jus maupun dijadikan bahan masker.

*mulberry*

Lalu apa kabar dengan buah anggur?

Ternyata tidak kalah dengan mulberry, buah anggur juga menyimpan banyak zat yang bermanfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah anggur mengandung flavonoid, salah satu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Ada juga vitamin A. C, B, folat, kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. Untuk kesehatan, buah anggur dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit, osteoporosis, membantu fungsi ginjal, mencegah kanker dan menurunkan kolesterol. Pada bijinya terkandung pycnogenol yang berfungsi sebagai anti-aging (anti penuaan). Hal inilah yang menjadi alasan minyak biji anggur banyak digunakan di dalam produk kecantikan.

*anggur (dipinjam dari sini)*

Jadi kesimpulannya, kalau mulberry dicampur minyak biji anggur udah pasti bener-bener bermanfaat untuk regenerasi kulit. Dan akhirnya saya pun mulai menggunakan Citra Night Whitening  setiap malam sebelum tidur. Kulit kan juga bagian dari diri kita yang harus dirawat…

*body lotion andalan*

*thank you, citra*

Nah, untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit, selain perawatan siang dan malam, pola hidup yang sehat juga harus diterapkan. Makanan bergizi, istirahat yang cukup dapat membantu kita tampil semakin segar dan cantik.

Yuk, cintai kulit kita, siang dan malam :)

sumber :

http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/15974-4-standar-kecantikan-aneh-dunia.html
http://protomalayans.blogspot.com/2012/05/suku-kayan.html
http://retnodamayanthi.wordpress.com/2008/06/07/chinese-foot-binding-mengikat-kaki-china/
http://toelank.wordpress.com/2012/04/02/kriteria-cewek-cantik-di-setiap-negara/
http://www.oprah.com/style/Beauty-Around-the-World/7
http://www.ceritamu.com/cerita-gaya-hidup/Fashion/Artikel/Rahasia-Cantik-Dari-Berbagai-Negara
http://forum.tribunnews.com/showthread.php?1429181-Ingin-Kulit-Cerah-Tidurlah-Pukul-22-00
http://www.vivawoman.net/2010/07/01/5-things-to-know-about-your-skin-at-night/
http://www.beautifulonraw.com/raw-food-blog/anti-aging-system/do-not-eat-at-night-but-do-feed-your-skin/
http://www.vivawoman.net/2011/03/14/help-why-is-my-skin-so-dry-by-evening/
http://ageskincare.blogspot.com/2012/04/aging-skin-care-with-mulberry-masks.html
http://www.sharecare.com/question/mulberry-extract-treat-skin
http://apotekherbal.biz/buah/khasiat-kandungan-dan-manfaat-buah-anggur/

Tagged: , , , , , ,

One thought on “Cintai Kulit, Siang dan Malam

  1. WAWAN July 12, 2014 at 23:25 Reply

    INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 303X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

    INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 303X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: